Tips Manajemen Waktu Efektif dalam Islam

Begitu banyak disampaikan pentingnya waktu dalam Qur'an dan Hadits, juga petuah dan contoh dari sahabat, tabi'in dan ulama terdahulu. Bagaimana kita melakukannya? ikuti tips ringan berikut:

Pertama, isi waktu kosong dengan kegiatan yang bermanfaat. Bacalah Qur'an, pelajari ilmu pengetahuan, dan sebagainya. Berbagi untuk sesama, dan lain-lain. Jangan habiskan waktumu untuk melakukan hal-hal percuma apalagi untuk akhiratmu, seperti menonton pertandingan sepakbola atau chit-chat ngalor ngidur berjam-jam lamanya.

Kedua, lakukan pekerjaan secara paralel sebisa mungkin. Kita bisa menghabiskan sekian juz al-Qur'an selama kita di perjalanan, atau sedang melakukan suatu pekerjaan yang tidak memerlukan proses berpikir keras, misalnya saat mencuci pakaian.

Ketiga, maksimalkan waktu yang utama dalam bertaqarrub kepada Allah, misalnya pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan, serta berdoa diantara azan dan qomat, atau saat turun hujan.

Keempat, ambillah waktu istirahat untuk menjaga kebugaran badan secukupnya, jangan berlebihan.

Kelima, mengerjakan pekerjaan pada waktunya, dengan kata lain, jangan sekali-kali menunda pekerjaan. Bisa dimulai dengan melaksanakan sholat tepat kita masuk waktunya.

Keenam, fokus pada hasil dan melakukan muhasabah. Jangan sampai kita sibuk banyak aktivitas namun tidak menghasilkan apa-apa yang bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Sikap Positif Bangsa Arab Jahiliyah Sebagai Modal Turunnya Islam di Jazirah Arab

Abu Nawas Melarang Rukuk dan Sujud dalam Shalat

Canda Nabi - Nenek Tua dan Surga